Perkembangan Fakultas Peternakan

| Rabu, 13 Agustus 2014
Perkembangan Fakultas Peternakan

Selama beberapa tahun sejak berdiri, pelaksanaan pendidikan Faterna Universitas Andalas dibina oleh Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam Universitas Andalas. Di samping itu, peran Dinas Peternakan Sumatera Barat cukup besar terutama dalam menyediakan fasilitas, peralatan, tenaga pengajar dan tempat praktek. Pada tahun 1969 diangkat 1 orang dosen alumni FKH Institut Pertanian Bogor, 5 orang dosen alumni Fakultas Pertanian Unand dan 2 orang dosen alumni Fapet Institut Pertanian Bogor.

Kegiatan pendidikan mahasiswa tingkat sarjana pada awalnya dilakukan dengan afiliasi ke IPB, yang dimulai tahun 1969. Pada tahun tersebut Faterna Universitas Andalas mengirim sebanyak 10 orang mahasiswa tingkat sarjana untuk menyelesaikan studinya di Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor. Akhir tahun 1970 dihasilkan sebanyak 7 orang sarjana alumni pertama Faterna Universitas Andalas, lima orang diantaranya diangkat sebagai tenaga pengajar.

Awal berdirinya Faterna Universitas Andalas belum mempunyai jurusan. Kemudian, pada tahun 1971 Faterna mempunyai 5 departemen :

1. Departemen Biologi dan Pengetahuan Alam

2. Departemen Produksi Ternak

3. Departemen Reproduksi Ternak

4. Departemen Ilmu Makanan Ternak

5. Departemen Sosial Ekonomi Peternakan

Masing-masing departemen dipimpin oleh ketua dan sekretaris. Sistem pendidikan yang dilaksanakan pada waktu itu adalah sistem naik tingkat (judicium). Mulai tahun 1981 Faterna melaksanakan pendidikan dengan sistem kredit semester berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 476/XIII/A/Unand-1981.

Tahun 1983, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Surat Keputusan No. 0125/O/1983, menetapkan 2 (dua) jurusan di Faterna Universitas Andalas yaitu Jurusan Produksi Ternak dan Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak. Masing-masing jurusan mempunyai 1 (satu) program studi :

1. Jurusan Produksi Ternak dengan Program Studi Produksi Ternak.

2. Jurusan Nutrisi & Makanan Ternak dengan Program Studi Nutrisi & Makanan Ternak.

Setiap jurusan/program studi dipimpin oleh seorang Ketua dan seorang Sekretaris jurusan/program studi. Sejak tahun ajaran 1996/1997 Faterna Universitas Andalas telah menerapkan kurikulum yang berlaku secara nasional yaitu Kurikulum Nasional Program Sarjana Ilmu-Ilmu Pertanian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0311/U/1994. Revisi kurikulum berdasarkan perkembangan ilmu dan teknologi serta kebutuhan pasar kerja dilakukan tahun 2002 dan diimplementasikan mulai tahun akademik 2003/2004, sejak merger empat program studi menjadi Program Studi Peternakan tahun 2008, diterapkan kurikulum baru Program Studi Peternakan.

Pada tanggal 2 Agustus 1999, dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. No. 370/DIKTI/Kep/1999 disetujui pembentukan Program Studi Teknologi Hasil Ternak dan Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan pada Faterna yang bernaung di bawah Jurusan Produksi Ternak. Kedua Program Studi ini mulai menerima mahasiswa baru tahun akademik 2000/2001. Dengan demikian, pada saat itu Faterna Universitas Andalas memiliki 4 Program Studi yaitu:

1. Program Studi Produksi Ternak

2. Program Studi Nutrisi & Makanan Ternak

3. Program Studi Teknologi Hasil Ternak

4. Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan

Sesuai dengan perkembangan penyelenggaraan program studi yang dilakukan, hasil akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) Depdiknas tahun 2006 adalah sebagai berikut :

1. P.S. Produksi Ternak dengan Akreditasi A berdasarkan SK. No. 010/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2006 tanggal 3 Agustus 2006

2. P.S Nutrisi & Makanan Ternak dengan Akreditasi A berdasarkan SK. No. 009/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2006 tanggal 27 Juli 2006

3. P.S. Teknologi Hasil Ternak dengan Akreditasi A berdasarkan SK No. 008/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2006 tanggal 13 Juli 2006

4. P.S. Sosial Ekonomi Peternakan dengan Akreditasi A berdasarkan SK No. 009/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2006 tanggal 27 Juli 2006

Selanjutnya berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI No. 163/Dikti/Kep/2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi pada Perguruan Tinggi,maka dari empat program studi, yaitu PS. Nutrisi dan Makanan Ternak, Produksi Ternak, Sosial Ekonomi Peternakan dan Teknologi Hasil Ternak, dilebur menjadi satu yaitu PS. Peternakan.

Ditinjau dari sudut peningkatan jumlah dan mutu dosen, kemajuan yang dicapai oleh Faterna cukup menggembirakan. Pada semester ganjil tahun akademik 2008/2009, jumlah mahasiswa Faterna Universitas Andalas sebanyak 1.347 orang dengan jumlah dosen sebanyak 128 orang, terdiri dari 41 Doktor, 66 Master dan 21 Sarjana. Empat belas (14) dari 128 orang dosen tersebut bergelar Guru Besar (Profesor). Sampai saat ini Faterna Universitas Andalas telah menghasilkan alumni sarjana sebanyak 4564 orang. Jumlah Karyawan administrasi dan teknisi adalah 60 orang PNS dan 7 orang honorer.

Pada awalnya, lulusan Fakultas Peternakan memiliki gelar Insinyur Peternakan (Ir), kemudian dengan ketetapan pemerintah menjadi Sarjana Peternakan (S.Pt). Para lulusan (alumni) Faterna Unand telah bekerja pada berbagai instansi pemerintah; Departemen Pertanian, Ditjen Peternakan, Departemen Dalam Negeri, Departemen Koperasi, Departemen Perdagangan, Departemen Perhubungan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Pemda Propinsi, Pemda Kabupaten dan Kota, Perbankan; Bank Nagari, BNI, BRI, Bank Muamalat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Dosen PTN/PTS. Di samping itu juga bekerja pada perusahaan swasta seperti; Charoen Pokphand, Sierad, Comfeed, Mabar, Cipendawa, Perusahaan Peternakan Inti/Kemitraan, Perusahaan Perdagangan Peternakan, Dosen PTS, Asuransi, LSM, dan sebagai wirausaha; berwirausaha di bidang Peternakan dan Industri Pakan, Pedagang Hasil Ternak serta Distributor Pakan Ternak.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲